Sabtu, 14 November 2015

Seminar "Meningkatkan Kesadaran dan Menghilangkan Stigma Negatif Seputar HIV/AIDS


Senin, 5 Januari 2015, saya  dan bersama teman-teman saya qori , ghina, fathan mengikuti salah satu seminar HIV dan AIDS yang di adakan Organisasi Bem. Acara tersebut di mulai pada pukul 13.00 WIB dengan Pembicara Dr. Nise
Ande Kayani Enaldy, MS, Sp.ok berlokasi di kampus Gunadarma Kalimalang.

Kami menuju Seminar tidak bersama-sama, ghina datang lebih awal, di karenakan dia menjadi seksi acara pada seminar tersebut, padahal ghina lah yang seharusnya menjadi penunjuk jalan kami, saya berangkat kelokasi seminar bersama Qori menggunakan sepeda motor, ini untuk pertama kalinya saya akan mendatangi kampus Gunadarama di Kalimalang, walaupun ini pertama kalinya Alhamdulillah perjalanan kami lancar sampe tujuan tanpa mendatangi seminar kampus lain ^.^ , tentunya dengan banyak bertanya pastinya he..he…he..

Menurut saya sebenarnya kampus Gunadarma di Kalimalang tidak terlalu jauh, hanya saja keadaan jalan yang pada saat itu sedikit padat yang agak menghambat perjalanan kami, sebenarnya bukan pada saat itu saja melainkan setiap saat J , fathan, dia langsung bertemu kami di lokasi seminar, karena rumahnya tidak terlalu jauh dari  lokasi seminar jadi dia langsung berangkat dari rumah ke lokasi seminar. Baiklah langsung saja kita bahas topik pembahasan dari  seminar tersebut HIV dan AIDS.

Apa itu HIV dan AIDS ?

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yaitu jenis virus yang ada dalam darah manusia yang dapat melemahkan daya tahan tubuh,  sehingga pengidaptnya dapat dengan mudah terserang infeksi lain, seperti Tuberculosis , Sariawan dan Diare yang berkepanjangan.

AIDS adalah singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yaitu sekumpulan gejala penyakit akibat menurunya sistem kekebalan tubuh manusia oleh infeksi HIV.

Kenapa kita perlu tau tentang HIV AIDS ?
1.      Karena sampai saat ini AIDS masih belum ada obatnya, sekali tertular virus HIV, selamanya virus itu ada dalam tubuh kita, hingga akhirnya meninggal pada kondisi AIDS.
2.      Jumlah kasus AIDS sekarang sudah mulai  melonjak di kalangan anak muda. Tahun 2011 dilaporkan di Indonesia bahwa orang muda terinfeksi virus HIV, bertambah 1 orang tiap 25 menit.
3.      Tahun 2012 kasus AIDS di kelompok umur 20-29 tahun 2012 sebesar 31.2% dan 37.1% pada kelompok umur 30-39 tahun. Penularan virus HIV saat ini tertinggi melalui Heteroseksual ( hubungan seks lawan jenis ).
4.      Kasus HIV di temukan di seluruh provinsi di Indonesia,  jadi siapapun dan di manapun kamu bisa terinfeksi virus HIV.

Penularan HIV
Penularan HIV akan terjadi bila ada kontak atau percampuran dengan cairan tubuh yang mengandung virus HIV, yaitu :
·         Melalui hubungan seksual dengan orang yang mengidap hiv, melalui transfusi darah dan transpalansi organ yang tercemar HIV.
·         Melalui alat dan jarum suntik atau alat tusuk lainya ( tattoo, tindik ) yang tercemar virus HIV.
·         Melalui  ibu hamil yang mengidap HIV kepada bayi pada masa kehamilan, persalinan atau selama menyusui.

Berdasarkan data terbaru, penularan infeksi HIV terbanyak di Indonesia pertama adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi tanpa menggunakan kondom, kedua adalah melalui jarum suntik yang tercemar darah yang mengandung HIV, yang memungkinkan antara lain karena penggunaan jarum suntik secara bersama di antara pengguna NAPZA suntik, dan ketiga adalah di tularkan dari ibu penghidap HIV ke pada bayinya, baik selama kehamilan, persalinan, atau menyusui.

Siapa yang memiliki resiko tinggi untuk terinfeksi HIV ?
·         Laki-laki atau perempuan yang memiliki prilaku seks beresiko, yaitu berganti-ganti pasangan dalam melakukan seks tanpa pelindung, dan berhubungan seks dengan orang yang tidak dikenal.
·         Penyalahgunaan Narkotika dengan suntikan, yang menggunakan jarum suntik secara bersamaan ( bergantian )

Cara Kerja HIV Dalam Tubuh Manusia
1.      HIV masuk kedalam tubuh dan mencari sel-sel darah putih khusus CD4 positif ( yang mempunyai tugas mengenali dan memberikan informasi apabila benda asing masuk kedalam tubuh ), kemudia virus ini masuk ke sel CD4 positif, melumpuhkan dan menguasainya dengan cara memperbanyak dirinya di dalam sel CD4 positif ini.
2.      Kemudian sel-sel HIV baru yang telah menjadi banyak keluar mencari sel-sel CD4 positif lainnya dan mengulangi proses yang sama.
3.      Setelah melewati beberapa waktu semakin banyak tubuh kehilangan sel-sel CD4 positif dan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.
4.      Dalam keadaan seperti inilah berbagai jenis penyakit dapat masuk ke tubuh tanpa dapat di kenali dan di lawan, sehingga akhirnya membawa kematian.

HIV Tidak Ditularkan Melalui ?
·         Hidup serumah dengan pengidap HIV.
·         Berjabat tangan atau bersentuhan dengan pengidap HIV.
·         Pengidap HIV bersin atau batuk.
·         Kontak dengan peralatan makan/minum yang dipakai bersama pengidap HIV.
·         Pakaian, handuk dan sapu tangan yang dipakai bersama.
·         Menggunakan toilet bersama.
·         Berpelukan atau berciuman pipi.
·         Gigitan nyamuk / serangga.
·         Berenang bersama di kolam renang dan hubungan sosial lainya.

Dengan demikian pengidap HIV dan AIDS tidak perlu di kucilkan, seorang menghidap HIV hanya dapat diketahui apabila dilakukan pemeriksaan darah di fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan tersebut.

      Menarik bukan topik pembahasan tentang HIV dan AIDS, itulah mengapa kami sangat tertarik untuk mengikuti seminar tersebut, sungguh menambah penghetahuan kita mengenai HIV dan AIDS, semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman yang lain ya…terima kasih ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar