Kamis, 16 Juni 2016

Tentukanlah1 topik permasalah yang menarik anda dan anda rencanakan untuk topik PI/skripsi. Buatlah latar belakang mengapa anda tertarik mengambil tema tersebut (ada apa dengan tema tersebut?)

Pada topik permasalahan yang saya angkat menjadi topik pi saya adalah saya membuat aplikasi penjualan untuk sebuah rumah makan.

Rumah Makan XYZ merupakan salah satu rumah makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Rumah makan tersebut proses pengolahan datanya masih menggunakan cara manual dalam pembukuan data makanan dan minuman,
pengecekan stok makanan dan minuman, data karyawan dan laporan pendapatan harian. Selain itu, kasir dalam melakukan perhitungan transaksi masih menggunakan kalkulator, dan konsumen melakukan pemesanan dengan bantuan pelayan Rumah makan yang mencatat daftar orderan pada kertas. Bagian dapur untuk melihat daftar orderan melalui catatan yang ditulis pelayan rumah makan. Hal tersebut sangat rentan sekali menemui masalah, seperti kesalahan dalam pendataan makanan dan minuman, pengecekan stok, pencarian data karyawan dan pembuatan laporan harian. Selain itu, kesalahan dalam perhitungan transaksi pembayaran, dan kesalahan bagian dapur dalam menyiapkan orderan masih sering ditemukan.
Saya tertarik mengangkat tema tersebut berdasarkan masalah yanga ada pada rumah makan tersebut. Diharapkan  dengan di buatkanya aplikasi untuk rumah makan XYZ dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Tujuan pembuatan aplikasi

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Aplikasi Penjualan Makanan Dan Minuman pada Rumah Makan XYZ Menggunakan Visual Basic 6.0, Microsoft SQL Server 2014 Dengan Jaringan LAN yang dapat mempermudah Konsumen melakukan orderan makanan dan minuman langsung pada dekstop, Kasir melakukan perhitungan transaksi pembayaran, pembuatan bukti bayar dan pembuatan laporan pendapatan harian, Bagian Dapur melakukan pengecekan jumlah stok makanan dan minuman, makanan dan minuman yang terjual, nama makanan dan minuman yang diorder, jumlah makanan dan minuman yang diorder serta nomor meja yang mengorder, dan Pengelola Rumah Makan melakukan penginputan data makanan dan minuman, data karyawan, dan pengecekan laporan pendapatan harian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar